ANGGUR & KHASIATNYA

Kita sering melihat para raja dari negeri Mesir atau Yunani selalu makan anggur. Ya, anggur memang salah satu buah kesukaan para raja dari zaman dahulu kala. Anggur sendiri berasal dari Armenia namun budidayanya sudah dikembangkan di Timur Tengah sejak 4000 SM dan diolah menjadi wine oleh orang Mesir sejak 2500 SM. Sampai akhirnya masuk ke Yunani, menyebar ke Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria. Atas jasa Colombus anggur akhirnya sampai ke mexico, Afrika Selatan dan Amerika Selatan, Australia hingga ke Asia, termasuk Indonesia.
Anggur terdiri dari beberapa jenis, yaitu yang kulitnya tipis, rasanya manis dan segar. Anggur ini banyak ditemui didaerah yang lebih kering. Sedangkan yang satu lagi kulitnya tebal, rasanya agak asam dan kurang segar. Anggur ini banyak terdapat di Asia termasuk Indonesia dan Australia.
Berbagai penelitian dilakukan, tidak disangka ternyata anggur adalah salah satu buah-buahan yang sangat baik untuk kesehatan karena kandungannya dapat memberikan kebaikan untuk tubuh.

Anggur Merah Baik Untuk Jantung
Berawal dari hipotesis French Paradox yang mengungkapkan bahwa angka kematian akibat jantung di Amerika lebih tinggi dibanding Prancis, padahal tekanan dara dan kolesterol masyarakat Prancis lebih tinggi daripada Amerika. Setelah diamati ternyata ini ada hubungannya dengan kebiasaan masyarakat Prancis yang suka mengkonsumsi red wine setiap hari.
Penelitian menunjukkan bahwa red wine mengandung flavonoid yang merupakan zat seperti vitaminyang banyak terdapat pada kulitnya. Flavonoid bersifat antioksidan yang dapat menghambat oksidasi LDL pada dinding pembuluh koroner. Flavonoid ini banyak ditemui pada buah anggur ungu, oleh karenanyalah dengan mengkonsumsi jus anggur ungu dapat memberi perlindungan bagi jantung. Banyak yang membuang bijinya pada saat dijus, hal ini salah. Ternyata sepertiga kandungan flavonoid justru terkandung pada biji.
Meski demikian untuk pasien diabetes harus hati-hati dengan kandungan gula yang terkandung dari jus tersebut karena 20-25 % kandungan anggur adalah gula. Sedangkan untuk wine pun kita tidak boleh minum melebihi 60 ml/hari.

Jus Anggur Menyembuhkan Berbagai Penyakit
Wajar anggur dapat menyembuhkan berbagai penyakit, karena buah ini berkhasiat tinggi dan kaya akan vitamin. Anggur sangat baik untuk anda yang sehari-harinya sering melakukan kegiatan fisik maupun psikis karena anggur disini ternyata dapat menghilangkan rasa penat dan anemia. Kandungan zat besi dan gulanya mengeluarkan hampas-hampas tubuh. Oleh karena itu anggur adalah obat bagi pasien penyakit ginjal, liver, dan sistem pencernaan.
Jus anggur sangat disarankan untuk penderita migrain radang sendi, radang usus kecil, rematik dan keracunan. Selain itu anggur dapat membersihkan darah sehingga baik untuk kecantikan kulit anda. Bahkan kandung kimia yang terkandungnya dapat mencegah kanker kulit.

Anggur Pelawan Sel Kanker
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah anggur selain lezat memang bermanfaat untuk menghentikan penyebaran sel-sel kanker. Namun dibandingkan meminum suplemen anggur, yang terbaik adalah memakan anggur secara keseluruhan karena 10 jenis flavonoid yang banyak terkandung pada anggur saling bekerjasama menghambat enzim yang bertugas mengatur gen dalam sel. Selain itu juga untuk pertumbuhan dan reproduksi sel-sel dalam tubuh. Penghambatan enzim yang dapat membunuh sel kanker.

Anggur Mengandung Antioksidan
Radikal bebas banyak dibicarakan akhir-akhir ini karena dapat menimbulkan berbagai penyakit, antioksidan pun disebut-sebut dapat menangkal bahaya buruk dari radikal bebas. Namun tahukah anda kalau salah satu sumber terbaik antioksidan justru dari biji-biji anggur? Ya, memang biji anggur mengandung komponen yang protektif bagi otak, jantung, paru-paru dan tulang belakang ( International Chemical Congress di Honolulu).
Riset pun menunjukkan kalau ekstrak biji anggur dapat memperbaiki problem sirkulasi dan menurunkan efek gangguan mata yang dikenal sebagai degenerasi makula, penyebab utama kebutaan. Demi mendapatkan manfaat untuk kesehatan, ada baiknya anda mengkonsumsi 50 miligram ekstrak biji anggur atau 0,75 kg anggur.

Sumber : Majalah Kartika

 

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: